Wednesday, May 23, 2018

Modul Desain Web 1


I.Materi Pokok

1.Konsep dan terminologi Desain Web
2.Intoduction To HTML
3.Introduction To CSS
II.Pengantar
Web / HTML Editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat halaman
halaman web, baik yang bersifat statis maupun dinamis
III.Capaian Pembelajaran 
1.Kemampuan menguasai konsep Desain sebuah web
2.Kemampuan menguasai konsep terutama  peran HTML 5 
dan CSS dalam sebuah desain web.
Web Statis dan Web Dinamis
-Pengertian web statis dan web dinamis seringkali mengundang perdebatan-Berdasarkan kesepakatan maka pengertian statis dan dinamis tidak ditentukan oleh ada atau tidaknya animasi bergerak pada halaman-halaman web, tetapi ditentukan oleh isi atau informasi yang ada pada halaman-halaman tersebut.-Data dan informasi yang ada pada web statis tidak berubah-ubah. Dokumen web yang dikirim kepada client akan sama isinya dengan apa yang ada di web server.-Sedangkan web dinamis, memiliki data dan informasi yang berbeda-beda tergantung input apa yang disampaikan client. Dokumen yang sampai di client akan berbeda dengan dokumen yang ada di web server.

Persiapan Pembuatan Web :
a.Perangkat Keras
b.Perangkat Lunak
b.Sistem operasi
c.Web Server
Web server adalah perangkat lunak yang bertindak melayani permintaan-permintaan client terhadap halaman-halaman web tertentu:
Apache dan IIS (Internet Information Service).
Apache dapat digunakan baik untuk web statis  maupun web dinamis dan mendukung banyak   platform sistem operasi dan bahasa pemrograman   server, antara lain Perl, Phyton,  Java (JSP dengan menggunakan Tomcat)   dan tentu saja PHP. Dukungan pada koneksi dengan berbagai basis data, seperti MySQL, SQL Lite, PosgreSQL, Oracle, DB2 dan lain-lain.
Web/HTML Editor
-Web / HTML Editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat halaman-halaman web, baik yang bersifat statis maupun dinamis.
-Untuk membuat halaman web baik statis maupun dinamis kita dapat menggunakan teks editor biasa seperti Notepad atau Vi.
-Pada perangkat pengembang web yang lebih kompleks seperti Adobe Dreamweaver (dulu Macromedia Dreamweaver), Microsoft Visual Studio.Net, dan beberapa yang lainnya, kita akan mendapati fasilitas yang sangat membantu mempercepat pembuatan halaman web, antara lain: tampilan berbasis GUI, automatic code completion (melengkapi kode secara otomatis), WYSIWYG (What You See Is What You Get) HTML Editor, koneksi ke basis data yang lebih mudah, dan banyak lagi fasilitas.
Web Browser
Web browser berfungsi menerjemahkan kode-kode HTML menjadi tampilan yang kita kehendaki Beberapa contoh WB : Microsoft Internet Explorer, Firefox, Opera atau Safari
Microsoft Internet Explorer :Windows
Firefox : LINUX
Safari : MAC Os X

Referensi
[1] Agung, Gregorius., HTML5 + CSS 3, PT. Elex Media Komputindo, 2012.
[2] Lee, Christopher, Mos Wonted CSS Tips and Triks, ANDI Yogyakarta, 2012
[3] Hidayatullah,Priyanto, Pemrograman Web. INFORMATIKA Bandung,2014

No comments:

Post a Comment